• -
  • Sabtu, 15 Agustus 2020

KPU: Distribusi Surat Suara ke Kabupaten/Kota Sudah 100 Persen

Kamis, 11 April 2019


TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut distribusi surat suara ke tingkat Kabupaten/Kota telah me capai 100 persen. Meski begitu, distribusi surat suara pengganti masih terus dilakukan.

"Pada prinsipnya surat suara itu sudah terkirim semua di semua Kabupaten Kota. Statusnya sudah disortir dan dilipat," kata Anggota KPU Hasyim Asy'ari, di Jakarta, Rabu, 10 April 2019.

Hasyim mengatakan dari temuan di lapangan, masih ada surat suara yang ternyata cacat atau jumlahnya kurang. Saat ini, KPU telah secara bertahap mengirimkan surat suara pengganti ke Kabupaten/Kota dengan surat suara bermasalah itu.

 

Hasyim juga mengatakan mulai hari ini, KPU di tingkat Kabupaten/Kota telah mulai mengirimkan ke tingkat Kecamatan. "Itu teman-teman di KPU Kota yang tahu mana yang diprioritaskan. Jadi kira-kira waktu tempuh, jarak tempuh, medan berat, itu yang diprioritaskan," kata dia.

Surat suara akan dicetak dalam lima model, yaitu surat suara presiden dan wakil presiden, surat suara DPR RI, surat suara DPD, surat suara DPRD provinsi dan surat suara DPRD kabupaten/kota.

KPU telah menyiapkan pagu anggran Rp 894 miliar untuk mencetak 939.879.651 surat suara. Menurut KPU dari percetakan surat suara tahun ini, KPU dapat menghemat anggaran 32,57 persen dari total anggaran tersebut.